April 14, 2015

Menghubungkan Jibas sms gateway ke database server

Selamat malam semuanya, disini saya akan membagikan cara mengkoneksikan Jibas sms gateway ke database server. Saya mencoba menghubungkan aplikasi jibas sms gateway yang ada di linux mint saya ke database server saya, server saya menggunakan OS debian. oke langsung saja.
  1. buka aplikasi jibas sms gateway
  2. masuk ke tab pengaturan dan ganti host, username dan password database localhost anda anda
  3. jika sudah berhasil terhubung, ganti host, username dan password database server anda
  4. jika tidak bisa, coba ganti lewat aplikasi, ganti di config.ini yang ada di /home/user/.wine/dosdevices/c:/Program Files/YIM/JIBAS SMS Gateway 1.9
  5. buka aplikasi itu lagi dan coba hubungkan
  6. jika terdapat error "Authentication to host 'smkn1purwodadi.net' for user 'root' using method 'mysql_native_password' failed with message: Access denied for user 'root'@'192.168.100.1' (using password: YES)" artinya password yang anda masukan salah dan coba ganti dengan password yang benar
  7. password tidak bisa diganti lewat aplikasi ataupun lewat file config.ini karena jika password di config.ini diganti tidak dengan karakter yg tepat maka aplikasi akan error. Solusinya yaitu samakan password database localhost dengan password database server. 
  8. masuk ke terminal localhost dan masuk ke root
  9. ketikan mysql -u root -p dan masukan password anda
  10. jika sudah masuk, ketikan SET PASSWORD FOR root@'localhost' = PASSWORD('password_baru');
  11. setelah itu coba ganti password database di aplikasi jibas sms gateway. Setelah bisa terhubung, ganti dengan host server. dan coba hubungkan kembali.
BLC TELKOM Klaten 

1 comment: