March 13, 2015

Install Samba File Server di Debian 7 Wheezy


File Server memberikan layanan berupa penyediaaan file ataupun folder yang dapat diakses bersama-sama oleh para pengguna di dalam suatu jaringan. File Server sering juga disebut sebagai sistem File Sharing. Keuntungan dari penggunaan File Server ini dapat kalian lihat dari segi efisiensi. Misalnya dalam suatu kasus kalian mempunyai 200 PC Client yang perlu diinstallkan program. Akan tetapi file installer program tersebut hanya terdapat di satu komputer saja. Tentunya akan sangat merepotkan dan beresiko apabila kalian harus mengkopikan file installer tersebut ke semua PC secara manual. Nah, solusinya adalah dengan penggunaan metode File Sharing ini. Dimana hanya ada satu komputer yang men-sharing file installer program tadi, lalu dari komputer-komputer client hanya tinggal mengaksesnya saja.

Samba adalah program yang bersifat open source yang menyediakan layanan
berbagi berkas (file service) dan berbagi alat pencetak (print service), resolusi nama NetBIOS, dan pengumuman layanan (NetBIOS service announcement/browsing). Sebagai sebuah aplikasi file server, Samba mengizinkan berkas, alat pencetak, dan beberapa sumber daya lainnya agar dapat digunakan oleh banyak pengguna dalam keluarga sistem operasi UNIX, dan mengizinkan interoperabilitas dengan sistem operasi Windows. Samba dibuat berdasarkan protokol Server Message Block (SMB), oleh Andrew Tridgell.
sumber: Wikipedia

Langkah-Langkah

  1. Install paket samba file server #apt-get install samba
    #apt-get install samba

  2. Tambahkan konfigurasi ke smb.conf pada bagian paling bawah seperti di gambar
    #nano /etc/samba/smb.conf
  3. Simpan konfigurasi dengan menekan ctrl+x, Y, enter
  4. Buat user baru untuk samba, karena saya sudah punya user, tinggal mengganti passwordnya dengan cara #smbpasswd -a [namauser]
    Add caption
  5. Jika belum punya user, silahkan buat dengan perintah #adduser [namuser]
  6. Restart samba dengan perintah #service samba restart
  7. Untuk pengujian silahkan di windows gunakan perintah \\[ip server]
    Sekian tutorial dari saya, Jika ada yang kurang jelas silahkan tulis di komentar. Terimakasih

0 komentar:

Post a Comment