March 17, 2015

Install VPN Server (pptpd) di Debian 7 Wheezy

Install VPN Server (pptpd) di Debian 7 Wheezy

 

Mengenal VPN

Jaringan komputer merupakan kumpulan komputer yang terhubung secara fisik dan dapat berkomunikasi satu dengan lainnya dengan menggunakan aturan (protocol) tertentu. Mengelola jaringan yang hanya terdiri dari beberapa komputer (host) merupakan pekerjaan mudah. Namun jika jaringan tersebut berkembang dan memiliki ratusan bahkan ribuan host, maka mengelola jaringan akan menjadi mimpi buruk bagi setiap pengelola jaringan (Administrator jaringan).

Belum lagi jika jaringan tersebut menggunakan teknologi yang berbeda-beda, misalnya ada host yang menggunakan teknologi kabel dan ada yang host yang menggunakan teknologi nirkabel (wireless). Ditambah lagi ada beberapa host yang harus digunakan oleh pengguna umum (public user) dan beberapa host lainnya hanya bisa digunakan pengguna internal (privat user).

Pekerjaan mengelola jaringan juga akan bertambah buruk jika letak ratusan host tersebut tersebar di beberapa gedung ataupun terletak di beberapa kota untuk jaringan dengan skala yang lebih luas. Semua itu membuat perusahaan akan semakin sulit untuk mengatur jaringannya dan selalu berpikir bagaimana cara yang paling efektif untuk mengendalikan jaringan tersebut.

Untuk mempermudah mengelola jaringan dengan skala yang lebih luas tersebut maka jaringan (network) itu harus dipisahkan menjadi beberapa jaringan kecil. Mengatur beberapa jaringan kecil yang penghuninya hanya puluhan host tentu akan lebih mudah dari pada mengatur sebuah jaringan besar yang berisi ratusan bahkan ratusan/ribuan host. Dalam proposal ini, Teknik memisahkan jaringan ini dapat diimplementasikan untuk jaringan local antar kota atau dengan kata lain jaringan Metro Lan antar gedung, penerapan metrolan bersamaan dengan penerapan protokol Virtual Private Network (VPN).

Langkah-Langkah Install di Server

  1. Install paket pptpd dengan perintah #apt-get install pptpd
  2. Tambahkan konfigurasi seperti pada gambar pada file pptpd.conf dengan perintah #nano /etc/pptpd.conf
  3. Lalu simpan dengan ctrl+x, Y, enter.
  4. Tambahkan konfigurasi di file chap-secrets dengan perintah #nano /etc/ppp/chap-secrets
  5. Setelah disimpan, Restart pptpd dengan perintah #service pptpd restart

Setting VPN di Windows 

  1. Pergi ke Control panel dan Set Up a Conection or Network
  2. Pilih Connect to a workplace
  3. Pilih Use my Internet conection (VPN)
  4. Masukan ip server 
  5. Masukan username dan password
  6. Connect dan tunggu
  7. VPN sudah connect
 Sekian Tutorial dari saya. jika ada pertanyaa silahkan tulis dikomentar atau bisa hubungi saya lewat sosmed atau email. Terimakasih.
sumber:Wikipedia

0 komentar:

Post a Comment